Selasa, 20 Januari 2015

Komunikasi dalam organisasi

  • Komunikasi dalam organisasi merupakan komunikasi antar manusia (human communication) yg terjadi dalam konteks organisasi. 
  • Manusia dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya membutuhkan orang lain & membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi.
  • ...lanjutan Komunikasi dalam organisasi dapat dilakukan secara vertikal maupun horizontal. Komunikasi Vertical Komunikasi Horizontal
  • ...lanjutan Komunikasi vertikal merupakan bagian penting dalam suatu organisasi. Penelitian menunjukan bahwa komunikasi antara atasan-bawahan. Pada komunikasi ini terdapat 2 arah komunikasi yaitu antara Atasan ke Bawahan (DOWNWARD COMMUNICATION) dan dari Bawahan ke Atasan (UPWARD COMMUNICATION)
  • ...lanjutan Fungsi UPWARD Fungsi DOWNWARD • Penyampaian informasi tentang • Pemberian atau penyimpanan pekerjaan atau tugas yang instruksi (job instruction) sudah dilaksanakan. • Penjelasan dari pimpinan • Penyampaian informasi tentang tentang mengapa suatu tugas persoalan pekerjaan atau tugas perlu untuk dilaksanakan (job yg tidak dapat diselesaikan retionnale) bawahan • Penyampaian informasi • Penyampaian saran-saran mengenai peraturan yang perbaikan dari bawahan berlaku (procedures & practices) • Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya • Pemberian motivasi kepada maupun pekerjaannya. karyawan untuk bekerja lebih baik.
  • ...lanjutan Komunikasi horisontal terjadi terjadi antara anggota organisasi dengan tingkat yang sama. Biasanya komunikasi ini terjadi antara manajer dalam organisasi. Fungsi HORIZONTAL COMMUNICATION :  Memperbaiki koordinasi tugas  Upaya pemecahan masalah  Saling berbagi informasi  Upaya pemecahan konflik  Membina hubungan melalui kegiatan bersama
  • FAKTOR LAIN YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Beberapa faktor tersebut meliputi: 1. Saluran komunikasi formal 2. Struktur wewenang organisasi 3. Spesialisasi kerja 4. Kepemilikan informasi.
  • 1. 2. 3. 4. Saluran Formal, Saluran komunikasi formal diturunkan dari struktur organisasi formal. Seorang bawahan akan cenderung melaporkan situasi kepada atasannya langsung. Kemudian atasan tersebut akan melaporkan ke manajemen yang lebih tinggi. Struktur Wewenang, Perbedaan status dan kekuasaan dalam organisasi akan menentukan siapa yang dapat bicara dengan siapa. Jika perbedaan status dan wewenang antara dua pihak cukup besar, komunikasi cenderung tidak akan efektif. Spesialisasi kerja, membuat komunikasi menjadi lebih efektif antar anggota organisasi dengan bagian yang sama. Setiap bagian mempunyai kebiasaan atau istilah yang khas yang membedakan dengan bagian lainnya Kepemilikan Informasi, Orang-orang tertentu akan mempunyai informasi tertentu yang membuat dirinya menjadi sukses. Orang-orang tersebut kadang-kadang tidak ingin menyebarkan informasi penting tersebut ke pihak lain.
  • JARINGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Jaringan informasi mencerminkan pola-pola dimana anggota-anggota organisasi berkomunikasi satu sama lainnya. Organisasi dapat mempengaruhi pola komunikasi semacam itu
  • Pola Jaringan Komunikasi Jaringan komunikasi praktis merupakan jaringan informal dan manajer tidak mempunyai kendali yang penuh atas jaringan itu. Suatu riset dengan menggunakan lima orang menguji beberapa pola jaringan komunikasi: • • • • • Lingkaran/roda Rantai Pola Y Bintang Semua saluran 
  • Pola Komunikasi Anggur (Grapevine) Pola Grapevine bukan merupakan saluran komunikasi formal, tetapi kadang-kadang pola tersebut dapat mengalahkan saluran komunikasi formal, informasi dapat tersebar dengan lebih cepat dan lebih kuat melalui jaringan Grapevine tersebut. Dua pola Grapevine yang paling sering muncul : Pola Gosip: pola ini muncul ketika orang menyebarkan informasi dengan mengatakan kepada beberapa orang. Pola Mengumpul (Cluster) : pola ini muncul ketika seseorang memberikan informasi setelah itu orang yang lain member info pula sehingga terkumpul setelah itu disebar kembali agar info tersebut utuh dan tidak menimbulkan pertanyaan kembali. 
Sumber : http://www.slideshare.net/Yani4hmad/komunikasi-dalam-organisasi-28347730

Tidak ada komentar: