Inovasi SI dan Teknologi Inf. Modern #
Manfaat Media
Bidang Sosial
Dalam bidang
ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam
jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook,
twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan
jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan
semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang
ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi
langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat
mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui
facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang
ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa
mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling
tukar informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang
ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu
mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online
juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
Tantangan New Media
1. Market
Dewasa
ini kebutuhan konsumen kian majemuk. Perusahaan tidak cukup
menyandarkan segmentasi dari satu atau dua kriteria saja, tetapi harus
lebih dalam. Misalnya ke segi life style, hobi dll. Anda harus mampu
memetakan target market sambil memperhatikan misi yang ingin dicapai
perusahaan.
2. Message
Perusahaan
sudah tidak bisa lagi mendikte konsumen karena zamannya sudah user
generate content. Makanya, sebelum mendeklarasikan sebuah pesan,
perusahaan harus mengubah mindset dulu. Perhatikan siapa audiens anda.
Lihat kultur budaya konsumen, psikologis, perilaku umur, dlsb. Jangan
menyamaratakan setiap konsumen.
3. Channel
Perusahaan
harus mampu memilih channel yang sesuai tipikal konsumen. Misalnya
Pinterest cocok untuk Ladies, atau Twitter untuk Geek (dalam arti
positif). Perlu diingat bahwa promosi yang baik adalah yang bisa
melibatkan konsumen. Misalnya mengajak mereka untuk tweet atau sekedar
menulis opini di Facebook.
4. Media
Masih
berhubungan dengan channel, media lebih ke fungsi dari channel.
Contohnya jejaring sosial selain untuk chatting sering dimanfaatkan pula
untuk campaign, bahkan tidak sedikit yang menggunakannya untuk customer
service. Apapun medianya, fokus pada target market Anda. Pelajari
pelaku mereka, kemudian pilih media yang sesuai.
5. Money
Umumnya
perusahaan mengacu pada presentase yang dijatah untuk anggaran bujet
promosi. Banyak promosi yang gagal karena bujet yang terlalu ketat.
Padahal tidak harus begitu jika perusahaan mematuhi langkah yang benar
dalam menyusun bujet. Yaitu tentukan dulu objek yang ingin dicapai, dan
dengan cara apa kita menggapainya, barulah kemudian bujet dianggarkan.
6. Measurement
Atau
pengukuran. Hal yang paling complicated untuk diukur adalah promosi.
Karena variabel yang diuji cukup banyak. Bila promosi diberlakukan untuk
jangka pendek seperti trade promo, maka mengukurnya tidak sesulit
promosi jangka panjang. Bila ditujukan untuk jangka panjang seperti
meraih awareness, top of mind, dll, tentu banyak sisi yang harus
dipertimbangkan. Maka yang paling mudah untuk mengukur efektivitas
promosi ini adalah dengan media digital. Misalnya ketika Anda ingin
meraih brand awareness, cara mengukurnya adalah melihat jumlah user yang
membicarakan brand Anda di media sosial atau forum online hingga ada
yang rela menjadi influencer. Dari situ sudah terlihat, apakah upaya
promosi Anda berhasil atau tidak.
Elemen Media
Pada media ada
beberapa elemen seperti pembuat, penyalur dan pemakai juga media yang
digunakan agar dapat berhubungan dengan media lainnya :
Produsen
merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri
komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
Distributor
adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa
disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana
itu sendiri.
Konsumen adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
1. Internet & Web
2. Personal Komputer (PC) / Notebook
3. DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4. VCDs (Compact Discs)
5. Portable Media Player
6. Mobile Phone
7. Video Game/ Game Computer
8. Virtual Reality
Contoh Kasus (SEO)
Optimisasi
mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari
menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau
algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan
sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama
hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara
logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan
makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,
kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas
hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran
berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan
sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Bisnis dan
layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang
menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih
mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari
seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu
masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan
jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil
pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada
posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk
subjek tertentu memberikan keuntungan anda bagi perusahaan pemasaran via
internet:
Peluang
calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal
tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari
pengunjung biasa menjadi pembeli.
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari
pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil
pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang
ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik
tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO
sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil
pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada
mesin pencari tersebut.
Pada Google,
pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWords. Google AdWord
menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik, artinya untuk
setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan dikenakan
biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses lelang
(bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
Sumber :
http://riansetyawan72.blogspot.com/2017/01/trend-siti-dalam-bidang-kesehatan-dan.html?m=1
Sumber :
http://riansetyawan72.blogspot.com/2017/01/trend-siti-dalam-bidang-kesehatan-dan.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar